Philip K Hitti menulis :
- Kebijakan-kebijakan Umar dilandasi oleh sebuah teori bahwa di Semenanjung Arab tidak ada agama lain yang dilindungi kecuali Islam. Karena itu, dan tanpa mengindahkan oerjanjian-perjanjian sebelumnya, pada 14-15 H/ 635-636 M ia mengusir orang orang Yahudi Khaibar yang tinggal di Jericho dan tempat-tempat lainnya, serta orang-orang Kristen Najran, yang melarikan diri ke Suriah dan Irak (History of The Arabs, 210).
Muhammad Husain Haikal menulis :
Sebagian orang mengira bahwa kebijakan Umar ini melanggar apa yang sudah ditempuh oleh Rasululullah dan diteruskan oleh Abu Bakr. Kalangan orientalis berpegang pada alas an ini untuk menyerang Umar . Tetapi kalangan sejarawan muslim mengemukakan beberapa alas an. Rasulullah mengadakan perjanjian dengan umat Kristen Najran untuk tidak diganggu dari agama mereka "sepanjang mereka memelihara perjanjian itu, beritikad baik dan tidak menjalankan riba”. Tetapi ternyata mereka menjalankan riba dengan melipatgandakan (Umar, 107)
- Kebijakan-kebijakan Umar dilandasi oleh sebuah teori bahwa di Semenanjung Arab tidak ada agama lain yang dilindungi kecuali Islam. Karena itu, dan tanpa mengindahkan oerjanjian-perjanjian sebelumnya, pada 14-15 H/ 635-636 M ia mengusir orang orang Yahudi Khaibar yang tinggal di Jericho dan tempat-tempat lainnya, serta orang-orang Kristen Najran, yang melarikan diri ke Suriah dan Irak (History of The Arabs, 210).
Muhammad Husain Haikal menulis :
Sebagian orang mengira bahwa kebijakan Umar ini melanggar apa yang sudah ditempuh oleh Rasululullah dan diteruskan oleh Abu Bakr. Kalangan orientalis berpegang pada alas an ini untuk menyerang Umar . Tetapi kalangan sejarawan muslim mengemukakan beberapa alas an. Rasulullah mengadakan perjanjian dengan umat Kristen Najran untuk tidak diganggu dari agama mereka "sepanjang mereka memelihara perjanjian itu, beritikad baik dan tidak menjalankan riba”. Tetapi ternyata mereka menjalankan riba dengan melipatgandakan (Umar, 107)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar