Jumat, 09 Januari 2015

Hadis tentang Madu

"" M A D U ""
" Madu - obat yang menyembuhkan bagi manusia "
Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian, makanlah dari setiap (macam-macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada hal seperti itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan (QS An-Nahl: 68-69).
" Madu adalah salah satu isi dari sungai-sungai di surga (jannah) "
(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya? (QS Muhammad: 15)
KITAB A LU'LU' WAL MARJAN
SUNNAT BEROBAT DAN TIAP PENYAKIT ADA OBATNYA (minum madu)
1421. Jabir bin Abdillah r.a. berkata: Saya telah mendengar Nabi saw. bersabda: Jika ada dalam sesuatu dari obat-obatmu itu yang baik, maka di dalam canduk (bekam) atau minum madu atau membakar besi dengan api yang lepat pada penyakitnya, dan aku tidak suka kei (membakar besi lalu ditusukkan ke tempat yang sakit). (Bukhari, Muslim).
Dalam riwayat Muslim: Ashim bin Umar bin Qatadah berkata: Jabir datang ke rumah kami bertepatan ada orang sakit, maka ditanya oleh Jabir: Apakah yang anda rasakan? Jawabnya bisul yang sangat sakit, lalu Jabir berkata: Hai budak panggilkan tukang bekam, ditanya: Buat apa tukang canduk (bekam) itu? Untuk membekammu. Jawabnya: Ini dikena baju sakit jangankan dibekam, maka Jabir lalu berkata: Nabi saw. bersabda: Jika ada pada sesuatu dari perobatanmu yang berguna maka di dalam bekam, atau minum madu atau kei membakar besi dengan api. Kemudian oleh Jabir dibawakan tukang bekam dan dibekam, maka segera hilang sakitnya.

BAB: BEROBAT DENGAN MINUM MADU
1432. Abu Saied r.a. beikuta: Seorang datang kepada Nabi dan berkata: Saudaraku buang-buang air. Maka sabda Nabi saw.: Minumilah ia madu Kemudian datang kedua kalinya dan berkata: Sudah aku ben madu tetapi bertambah buang-buang air. Nabi saw. bersabda: Berilah ia minum madu. Kemudian yang ketiga kalinya juga Nabi saw. bersabda: Berikan padanya minum madu, kemudian ia datang berkata: Sudah aku beri minum madu tetapi bertambah buang-buang air. Jawab Nabi saw.: Benar firman Allah dan dusta perut saudaramu, berilah kepadanya minum madu, maka diberinya minum maka sembuhlah. (Bukhari, Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar